Melaksanakan Pembelajaran Yang Efektif dan Profesional Yang Menumbuhkembangkan Semangat Keunggulan Peserta Didik

Selasa, 29 April 2014

MOTIVASI SISWA MTs. MA'ARIF NU 1 SOKARAJA DALAM MENGHADAPI UN


Seperti biasa, setiap kali ujian nasional (UN) akan datang menjelang, maka banyak sekolah yang mendatangkan para motivator untuk membangun dan membangkitkan motivasi siswa di sekolahnya, tak terkecuali di MTs. Ma'arif NU 1 Sokaraja.  Hal ini biasanya dilakukan ketika pihak sekolah masih merasa belum cukup puas dengan kegiatan motivation building yang mereka lakukan sendiri. Belum terlihatnya keseriusan siswa dalam belajar padahal UN makin dekat maka semakin dag dig dug lah pihak sekolah. Maka, mendatangkan motivator dianggap sebagai salah satu jalan untuk menyadarkan siswa agar lebih semangat belajar dan mampu menghadapi UN dengan baik. 



Kecemasan yang terjadi pada siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional adalah normal, namun sejauh mana siswa tersebut dapat mengatasi rasa cemasnya, tergantung pada kemampuan siswa tersebut untuk merespon kecemasan yang dialaminya. Seperti misalnya lebih meningkatkan lagi porsi belajarnya dengan ikut bimbingan belajar atau dengan mengadakan belajar kelompok.

Belajar merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan siswa untuk mengatasi rasa cemasnya. Selain itu belajar juga dapat memperbesar rasa percaya diri. Namun untuk belajar diperlukannya motivasi belajar karena motivasi belajar memegang peranan penting dalam memberikan gairah atau semangat dalam belajar. Semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin banyak waktu yang disediakn siswa tersebut untuk melakukan aktivitas belajarnya.

Untuk lebih menambah semangat belajar bagi siswa/siswi MTs. Ma’arif NU 1 Sokaraja maka pihak sekolah mengadakan kegiatan Istighosah & Motivasi Siswa menghadapi Ujian Nasional. Kegiatan dihadiri oleh orang tua/wali murid beserta para siswa kelas IX. Dalam ceramahnya motivator menekankan tentang  pentingnya persiapan, meliputi siap mental, fisik, dan strategi dalam menghadapi ujian nasional.

Berikut beberapa pesan dari Bapak/Ibu guru kepada siswa kelas IX dalam menghadapi Ujian Nasional ( UN ) :
1.  Belajar semaksimal mungkin di sekolah, tidak hanya datang ke sekolah hanya untuk bermain/bergurau saja. Kita harus belajar dengan sungguh-sunguh, serap ilmu yang di berikan pada Bapak/Ibu guru disekolah.
2.  Pelajari lagi apa yang di dapat di sekolah, itu perlu dilakukan agar otak kita bisa menghafal. Apabila ada yang tidak bisa, jangan hanya diam? Tanyakan itu pada hari besoknya di sekolah pada Guru, teman atau orang yang lebih paham.
3. Apabila masih belum merasa puas untuk belajar, bisa mengikuti BimBel (Bimbingan Belajar). Selain di sekolah kita juga bisa belajar dengan seorang guru privat misalnya. Tetapi jangan terlalu di forsir, karena otak kita juga butuh istirahat atau refresing agar tidak terlalu berpikir! 
4.  Jangan merasa terbebani oleh UN (Ujian Nasional), kadang ada dari diri kita yang merasa terbebani dengan UN. Anggaplah UN seperti hari biasanya, tapi juga jangan terlalu santai untuk menghadapinya!
5.  Dan jangan lupa berdo'a dan minta do'a kepada Orang Tua, bahkan meminta maaf kepada semua orang yang kita kenal atas perbuatan jelek yang kita lakukan. Agar saat kita melaksanakan UN bisa dengan tenang dan mudah.

Semoga tulisan ini bisa memotivasi siswa dan membangkitkan gairah belajar dalam menghadapi Ujian Nasional demi untuk mencapai hasil yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar